Mengenal Galaksi Andromeda

Setelah sebelumnya kita mengenal galaksi kita, Bimasakti, maka sekarang kita akan mengenal Galaksi Andromeda yang merupakan galaksi tetangga kita. Galaksi Andromeda adalah galaksi yang paling dekat dengan Galaksi Bimasakti, sekaligus merupakan galaksi yang paling dekat dengan bumi kita. Kalau Galaksi Bimasakti diperkirakan memiliki 200 – 400 milyar bintang, maka Galaksi Andromeda diperkirakan memiliki sekitar 1 triliun bintang. Galaksi Andromeda sering disebut sebagai kembaran dari Galaksi Bimasakti. Galaksi ini diberi simbol M-31. Galaksi berpusat sangat cemerlang ini terletak di langit sebelah utara pada rasi Andromeda. Pada malam hari, galaksi ini terlihat di sebelah utara Ekliptika dan sekitar jam 2.00 dini hari pada bulan September, galaksi ini akan berada tepat di atas kepala (sekitar 40° LU).

Jarak Galaksi Andromeda dari Bumi diperkirakan mencapai sekitar 2.5 juta tahun cahaya. Ini artinya, cahaya dari Galaksi Andromeda yang sampai ke mata kita di Bumi pada saat ini, sebenarnya telah berangkat dari sumber cahayanya, yaitu Galaksi Andromeda sejak 2.5 juta tahun yang lalu. Jadi, pada saat Bumi kita masih berada pada zaman prasejarah dimana reptil-reptil raksasa prasejarah seperti Dinosaurus masih berkeliaran sedangkan umat manusia belum diciptakan, cahaya yang mengantarkan gambaran (wujud) Galaksi Andromeda yang pada saat ini kita lihat sudah mulai berangkat dari Andromeda. Setelah menempuh jarak 2.4 x 10 19 kilometer (sekitar 24 juta triliun kilometer) selama sekitar 2.5 juta tahun, maka sampailah cahaya yang mengantarkan wujud Galaksi Andromeda itu di Bumi sehingga dapat dilihat oleh mata pengamat di Bumi. Jadi, wujud Galaksi Andromeda yang tampak oleh mata kita di Bumi sekarang ini sebenarnya adalah wujud atau bentuk Galaksi Andromeda pada 2.5 juta tahun yang lalu.

Galaksi Andromeda yang bergaris tengah 60,000 tahun cahaya hanya terlihat seperti bintang berkerlip sangat kecil karena jarak yang sangat jauh.
Galaksi Andromeda yang bermassa sekitar 1 triliun bintang hanya terlihat seperti sebuah bintang berkerlip sangat kecil karena jarak yang sangat jauh. Sumber Gambar: miguelclaro.com
Mengenal Galaksi Andromeda
Penampakan Galaksi Andromeda apabila diperbesar melalui teleskop dengan dua satelitnya pada sisi kiri dan kanannya, yaitu Galaksi NGC 205 dan Galaksi NGC 221. Jaraknya sekitar 2.5 juta tahun cahaya dari Bumi.Sumber Gambar: nasa.gov

Sedangkan bentuk Galaksi Andromeda yang sekarang belum ada yang tahu, karena cahaya yang berangkat dari Galaksi Andromeda pada saat sekarang baru akan sampai di mata kita di Bumi pada 2.5 juta tahun yang akan datang atau sekitar tahun 2502016 nanti manusia di Bumi akan bisa melihat wujud Galaksi Andromeda pada tahun 2016 ini. Mungkinkah Galaksi Andromeda sekarang ini masih ada atau sudah tidak ada, menjauhi atau mendekati Bumi? Semuanya akan terjawab pada 2.5 juta tahun yang akan datang ketika perjalanan cahaya dari Galaksi Andromeda telah sampai di Bumi. Jika kita ingin mengetahui bagaimana wujud Andromeda pada saat ini, maka sekarang ini kita sudah harus berada di Galaksi Andromeda. Gambaran jauhnya jarak ini (2.5 juta tahun cahaya) adalah apabila kita berangkat dari Bumi menggunakan pesawat komersial biasa yang berkecepatan rata-rata 800 km/jam, maka kita akan sampai di Galaksi Andromeda setelah menempuh perjalanan selama 3.4 triliun tahun! Sungguh sebuah jarak yang tak terbayangkan jauhnya. Usia Planet Bumi tempat tinggal kita saja diperkirakan baru 4,5 milyar tahun. Bahkan galaksi tempat kita berada, yaitu Bimasakti saja diperkirakan baru berusia 13.21 milyar tahun.

 

Hits: 1366

0 comments on “Mengenal Galaksi AndromedaAdd yours →

Leave a Reply