Membaca Karakter Melalui Warna Favorit

Membaca Karakter Melalui Warna Favorit II

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Membaca Karakter Melalui Warna Favorit I.

Warna Hijau

Penggemar warna hijau memiliki ciri khas, yaitu berpembawaan tenang dan kalem, tetapi agak sedikit aristokratik. Artinya, kalau Anda menemukan orang yang pembawaannya benar-benar anggun, tenang, sekaligus sangat berkharisma, biasanya dia adalah penggemar warna ini. Dia juga seorang yang berpendirian kuat dan tak tergoyahkan. Bahkan dia senang kalau orang lain mengikuti pendapat dan pendiriannya.

Selain itu dia seorang pendengar yang baik, senang mendengarkan curahan hati orang lain kemudian turut menyumbang saran dan nasehat. Dia senang menasehati orang lain. Sehingga tidak heran, kalau dia menjadi favorit teman-teman dan sahabatnya dalam berkeluh kesah. Akan tetapi, meskipun merupakan teman curhat yang baik, kadangkala dia tidak dapat diandalkan untuk menyimpan rahasia. Sebenarnya bukan maksudnya membuka rahasia, tetapi seringkali, pada saat si penggemar hijau sudah terlalu asyik bicara, dia kadang kelepasan bicara. Hal ini seringkali tidak hanya menyangkut masalah orang lain, kadang dia juga sering kelepasan bicara masalah persoalan pribadinya sendiri. Ingat, penggemar warna hijau merupakan pribadi yang ramah dan terbuka kepada orang lain.

Seringkali teman-temannya dapat merasa tidak nyaman kalau masalah pribadi yang pernah dia ceritakan kepada si hijau ini kemudian sampai pula kepada teman-temannya yang lain karena si hijau ini kelepasan bicara. Bukan maksudnya membuka rahasia, melainkan dia hanya ingin berbagi pengalaman tentang topik cerita favoritnya, yaitu kisah-hidupnya sendiri, termasuk cerita asmaranya!

Penggemar warna hijau biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Istilah minder atau rendah diri hampir tidak ada dalam kamus hidupnya. Ditambah lagi sikapnya yang cenderung ingin selalu berada di atas orang lain, membuatnya menjadi pribadi yang selalu ingin berkuasa.

Kehidupan asmaranya kadangkala sedikit rumit. Karena dia sering bersikap membingungkan kepada lawan jenisnya. Di satu saat, dia seperti memberi hati, tetapi di saat lain, dia cenderung bersikap menghindar dan sama sekali tidak menunjukkan ketertarikan apapun. Dia juga bukan tipe pemuja cinta. Tidak jadi masalah apakah si penggemar warna hijau ini seorang lajang atau berpasangan, karena dia selalu mampu membuat dirinya bahagia, dengan atau tanpa pasangan hidup di sampingnya. Tetapi si hijau ini kalau sudah jatuh hati, maka dia akan sangat setia kepada pasangannya. Perselingkuhan rata-rata tidak ada dalam pikirannya walaupun sikapnya agak kurang romantis kepada pasangannya.

Warna Ungu

Penggemar warna ungu adalah orang yang teguh pendirian dan tegas. Sehingga tidak mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi di sekelilingnya juga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Dia sangat pantang menyerah bila memiliki keinginan atau cita-cita. Akan tetapi, si penggemar ungu ini kadang menunjukkan sifat sedikit angkuh dan berprasangka buruk kepada orang lain. Orangnya sulit untuk percaya kepada orang lain, bahkan kepada orang terdekatnya sekalipun.

Sifat mudah curiganya ini turut mempengaruhi kehidupan asmaranya. Dia seringkali bukan tipe orang yang dapat mempercayai pasangannya secara penuh. Mungkin suatu saat dia akan meragukan sesuatu dari diri pasangannya, entah itu cinta, kejujuran, atau kesetiaannya. Si penggemar ungu ini juga takut terluka dan sakit hati, sehingga selalu berusaha melindungi dirinya dari hal-hal yang sekiranya dapat membuat dirinya terluka, salah satu caranya termasuk dengan bersikap tidak mudah mempercayai orang lain. Dia jelas bersikap sangat hati-hati untuk urusan asmara karena tidak ingin salah pilih. Sehingga butuh waktu panjang baginya untuk menentukan pilihan dan mengambil keputusan.

Selain itu penggemar warna ini memiliki kriteria yang cukup rumit dalam memilih pasangan. Baginya, faktor cinta saja, tidak akan cukup meyakinkan dirinya untuk membuat keputusan. Mungkin saja dia memang jatuh hati setengah mati, tetapi untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, tunangan atau menikah, misalnya, tunggu dulu! Akan ada seribu pertimbangan dan pemikiran di benaknya. Belum lagi dengan setumpuk keraguan yang menunggu di benaknya. Ini akan memperlambat dia dalam mengambil keputusan. Dia memiliki standar yang cukup tinggi dalam memilih pasangan hidup. Satu lagi, biasanya si ungu ini sangat pencemburu kepada pasangannya.

Warna Abu-abu

Penggemar warna abu-abu berkarakter tenang, kalem, dan anggun. Orangnya sangat mandiri, tidak pernah tergantung kepada orang lain, dan juga tidak suka merepotkan orang lain. Kalaupun sekali waktu dia minta tolong kepada Anda, itu pasti karena keadaannya sudah sangat mendesak atau sudah tidak memiliki pilihan lain. Dia tipe orang yang sangat menjunjung tinggi dan menghargai privacy, baik privacy dirinya maupun privacy orang lain. Sehingga dari luar dia seringkali tampak seperti orang yang tidak peduli kepada orang lain dan asyik dengan dunianya sendiri. Dia orang yang menghargai orang lain seperti dia menghargai dirinya sendiri.

Penggemar warna abu-abu adalah orang yang sangat senang menyendiri dan menikmati kesendiriannya itu. Kehidupan pergaulan yang harus saling tahu urusan dan kehidupan pribadi orang lain, atau bentuk pertemanan yang selalu bersama-sama ke mana-mana jelas membuatnya tidak nyaman. Dia tidak akan pernah mengizinkan siapa pun, termasuk pasangannya, masuk terlalu jauh atau mencampuri urusan pribadinya. Karena dia juga tipe orang yang tidak mau ikut campur urusan orang lain. Si penggemar warna abu-abu ini biasanya juga seorang yang berpikiran netral dan tidak bersedia memihak ke sana maupun ke sini, sehingga tidak mudah terpengaruh omongan kiri kanan.

Dalam masalah asmara, si abu-abu ini paling tidak suka diatur. Dia lebih baik berpisah baik-baik dengan pasangannya daripada hidupnya tidak merdeka alias selalu diatur-atur oleh pasangannya. Baginya, tindakan mengatur hidupnya berarti mengacaukan hidup serta merusak ketenangan batinnya. Sebaliknya, dia juga konsekuen, sebab dia juga tidak akan pernah mengatur-atur hidup pasangannya, sehingga pasangan hidupnya juga akan merasa bebas di sisi si ungu ini.

Warna Hitam

Penggemar warna hitam memiliki karakter yang sangat menonjol, yaitu misterius. Orangnya berkarakter sangat tertutup. Berbagi masalah jelas bukan gayanya. Dia juga seorang yang sangat tegas dan teguh pendirian, serta tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan maupun oleh perasaannya sendiri.

Meskipun sangat terttutup, bukan berarti dia menutup diri dari lingkungan pergaulan. Sebaliknya, dia sangat suka bergaul dan merupakan pribadi yang sangat asyik untuk diajak berbincang-bincang, sepanjang topik perbincangan itu bukan mengenai dirinya. Kalau topik pembicaraan sudah mulai menyangkut dirinya, maka dia lebih suka mengalihkan pembicaraan, atau segera tutup mulut dan mengakhiri pembicaraan. Intinya, dia tidak ingin orang lain tahu tentang pribadinya. Inilah yang seringkali membuat Anda kesulitan untuk mengetahui bagaimana karakter aslinya atau siapa dia sebenarnya. Prinsipnya, dalamnya laut bisa ditebak tapi dalamnya hati siapa yang tahu, dan itu pantang dilanggar oleh si penggemar warna hitam ini. Selain itu, penggemar warna hitam ini biasanya adalah orang yang berjiwa bebas dan tidak mau terikat. Selain itu kadangkala dia juga bisa sangat keras kepala dan sulit menerima kritik dari orang lain.

Ketika si hitam ini hatinya sedang tidak jatuh cinta, maka kehidupan asmara agak kurang menarik minatnya,  karena dia juga tidak akan cari-cari. Si hitam ini cenderung tidak memaksakan dirinya cari-cari untuk bisa menemukan cinta, karena baginya cinta akan datang dengan sendirinya pada saatnya. Selain itu si hitam ini biasanya bukan tipe orang yang mudah jatuh cinta. Perlu waktu yang sangat panjang untuk membuat si penggemar hitam ini jatuh cinta. Karakter pendekatannya kadangkala bisa sedikit membingungkan. Karena si penggemar warna hitam ini kadang suka bermain tarik ulur untuk prianya. Sedangkan wanitanya kadangkala bersikap jinak-jinak merpati.


Referensi:

Birren, Faber. 2006. Color Psychology and Color Therapy: A Factual Study of the Influence of Color on Human Life. Kessinger Publishing, LLC.

Hartman, Taylor. 2007. The Color Code: A New Way To See Yourself, Your Relationships, And Life. Fireside Book. New York. US

Kargere, Audrey. 1979. Color and Personality. Red Wheel/Weiser, LCC. York Beach. US.

Hits: 240

0 comments on “Membaca Karakter Melalui Warna Favorit IIAdd yours →

Leave a Reply