How to Distinguish Authentic and Fake Hare Lipstick

Membedakan Lipstik Hare Asli vs. Palsu

Lipstik Hare adalah sebuah lipstik yang unik. Lipstik ini berwarna hijau terang. Tetapi ketika sudah dioleskan ke bibir, warnanya akan berubah menjadi merah muda lembut, sehingga membuat bibir tampak berwarna sedikit kemerahan tetapi tetap terkesan alami.

Lipstik Hare di Indonesia disebut juga sebagai lipstik Arab karena sering dibawa oleh para jamaah haji atau umroh yang baru pulang dari tanah suci untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Di Arab Saudi, lipstik ini banyak dijual di toko-toko seputaran Masjidil Haram. Padahal, lipstik ini aslinya bukan buatan Arab Saudi, melainkan buatan Taiwan tetapi sudah sejak lama diimpor oleh pemerintah Arab Saudi. Bahkan ibu saya mengatakan kalau lipstik ini sudah beredar di Indonesia sejak jaman beliau muda (tahun 70-an).

Sedangkan orang-orang barat (Eropa atau Amerika) mengenal lipstik ini dengan nama Magic Moroccan Hare Color Changing Lipstick. Sebab tidak banyak wisatawan Eropa atau Amerika yang bisa berkunjung ke Mekkah mengingat kebanyakan dari mereka bukan Muslim, sehingga mereka mengenal lisptik ini pada saat mengunjungi Negara Maroko. Selain di Maroko, bagi yang pernah berkunjung ke negara berbudaya Arab lainnya di jazirah Afrika Utara, yaitu Tunisia, pasti sudah tidak asing lagi dengan penampakan lipstik ini yang bertebaran di pasar-pasar tradisional yang ada di negara itu. Di Tunisia, harga lipstik ini akan terasa sangat murah meriah apabila sudah dirupiahkan.

Lipstik Hare ini memiliki banyak penggemar fanatik di berbagai negara apabila dilihat dari banyaknya beauty blogger Eropa atau Amerika yang mereview lipstik ini. Sebab, selain harganya yang murah meriah, lipstik ini juga terbuat dari bahan-bahan alami, cukup mampu melembabkan bibir, dan memiliki warna merah muda lembut yang tidak norak serta tahan lama di bibir.

Tetapi, saat ini sudah banyak beredar lipstik Hare palsu buatan Tiongkok (China) yang penampakannya secara sepintas sulit dibedakan dengan lipstik Hare yang asli. Lipstik Hare palsu ini bisa jadi berbahaya sebab tidak diketahui bahan-bahan apa yang terkandung di dalamnya. Banyaknya peredaran lipstik Hare palsu buatan China ini juga membuat image lipstik ini di Indonesia cukup jelek. Sehingga banyak yang meragukan komposisi bahan-bahan yang ada di dalamnya.

Untuk lipstik Hare yang asli, komposisi bahan-bahannya terdiri dari Hydrogenated Castor Oil (44%), Paraffin (20%), Ethylhexyl Palmitate (15%), Copernicia Cerifera Wax (12%), Ceresin (5%), Cera Alba (2%), Pigment (1%) C.I. No. 19140 (Yellow 5) 42090 (Blue I), Parfume (0.85%), dan Propylparaben (0.15%). Silakan lihat gambar di bawah ini.

Dari komposisi bahan-bahannya, saya sebenarnya paling tidak suka dan sangat menyayangkan adanya kandungan paraben (propylparaben) di dalamnya. Sebab saya termasuk golongan konsumen yang menghindari produk-produk yang memiliki kandungan paraben di dalam komposisinya. Tetapi karena menurut saya persentase parabennya masih relatif kecil, maka saya masih bisa mentoleransinya.

Selain paraben, ada satu hal lagi yang tidak saya sukai dari lipstik ini, yaitu kemasan luarnya yang kelihatan begitu norak dan jadul nian sehingga terkesan murah (lha harganya memang murah meriah 🙂 ). Sehingga kadangkala membuat pemakainya (baca: saya) merasa kurang nyaman untuk membawanya ke luar rumah. Saya biasa memakai lipstik Hare ini sebagai pelembab bibir sehari-hari di rumah atau sebagai dasar sebelum mengoleskan lipstik favorit saya, yaitu Inika Certified Organic Vegan Lipstick (shade: sheer peach). Inika Certified Organic Vegan Lipstick ini merupakan lipstik vegan organik bersertifikasi Halal buatan Australia. Saya akan menulis review tentang “Inika Certified Organic Vegan Lipstick” ini lain waktu.

Untuk lipstik Hare, walaupun tidak suka dengan kemasan luarnya yang terlihat begitu norak sekaligus amatlah jadul, saya sih sebenarnya tidak masalah, sepanjang saya tahu komposisi bahannya cukup aman untuk bibir dan efeknya juga bagus di bibir (melembabkan dan melembutkan bibir serta tidak menyebabkan bibir menghitam). Akan tetapi, karena alasan ada sebagian orang yang gemar bersikap “judge the book by its cover”, walaupun saya selalu membawa kedua-duanya, baik Hare maupun Inika di dalam tas, tetapi saya hanya memakai si Hare ini di dalam rest room (baca: toilet). Sedangkan ketika harus mengeluarkannya dari dalam tas untuk touch up, maka Inika Lipstick-lah yang saya pilih. Bukan apa-apa, sebagai manusia, saya hanya ingin menjaga perasaan saya sendiri dari orang-orang yang suka memandang dengan cara aneh kalau melihat ada orang memakai lipstik Arab hijau ini, juga mengingat image lipstik ini yang tidak bagus akibat banyaknya peredaran lipstik versi abal-abal-nya yang made in China di berbagai belahan bumi. Pendek kata, untuk menjaga hati saya agar tetap damai dan terhindar dari rasa-rasa tidak enak yang tidak perlu. 🙂

Kemasan luarnya terlihat begitu  Norak sekaligus amat jadul dan tidak elegan sama sekali

Nah, sekarang akan dibahas bagaimana cara membedakan lipstik Hare asli vs. palsu.

Warna Kemasan Luar

Kemasan luar lipstik Hare asli warna hijaunya terlihat benar-benar hijau dengan intensitas warna lebih tua dibandingkan dengan warna kemasan luar lipstik Hare palsu. Silakan lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar tersebut terlihat bahwa kemasan luar lipstik Hare yang asli berwarna benar-benar hijau. Sedangkan yang palsu berwarna hijau lebih terang. Ukuran kemasan lipstik Hare yang asli juga sedikit lebih pendek dibandingkan dengan lipstik Hare palsu yang sedikit lebih panjang.

Stiker pada bagian bawah kemasan luar.

Lipstik Hare yang asli memiliki stiker berwarna emas yang tertempel pada bagian bawah kemasan luarnya. Stiker ini bertuliskan merk Hare disertai nomor 33, kemudian tanggal kadaluwarsa, dan juga negara pembuatnya dengan tulisan Made in Taiwan R.O.C. Diameter stiker ini besar, hanya lebih kecil sedikit dibanding ukuran diameter kemasan lipstiknya.

Sedangkan lipstik Hare yang palsu ini ada yang tidak memiliki stiker di bagian bawah kemasan luarnya (seperti gambar di atas). Ada juga yang memiliki stiker berwarna emas pada bagian bawah kemasan luarnya tetapi diameter stikernya lebih kecil dari diameter stiker pada lipstik Hare yang asli. Selain itu pada lipstik Hare palsu dengan stiker yang mirip, negara pembuatnya biasanya bukan Taiwan, tapi Made in China atau ada juga yang ditulis dengan Made in P.R.C.

Warna Kemasan Bagian Dalam

Lipstik Hare yang asli kemasan bagian dalamnya berbahan plastik warna hijau yang sewarna dengan isi lipstiknya. Sedangkan lipstik Hare yang palsu kemasan bagian dalamnya berbahan plastik warna putih.

Warna dan tekstur isi lipstik

Untuk isi lipstik, warnanya adalah kebalikan dari warna kemasan luarnya. Hare yang asli isi lipstiknya justru berwarna hijau terang dan lebih muda dari Hare yang palsu. Silakan lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar tersebut terlihat bahwa isi lipstik Hare yang asli berwarna hijau terang. Sedangkan hare yang palsu warna hijaunya sedikit lebih gelap.

Selain itu, tekstur isi lipstik Hare yang asli ini keras, padat, solid, dan tidak mudah retak baik ketika terjatuh maupun ketika sudah agak lama dipakai. Berbeda dengan isi lipstik Hare palsu yang sangat mudah retak dan tidak sepadat yang asli.

Warna ketika dioles

Secara sepintas, warna kedua lipstik baik yang asli maupun palsu tidak ada bedanya. Semuanya sama-sama berwarna merah muda lembut. Yang membedakan adalah intensitas warnanya ketika sudah dioleskan.

Lipstik Hare yang asli warnanya belum terlalu muncul pada saat olesan pertama. Untuk bibir saya, perlu minimal dua kali olesan agar warna merah muda lembutnya keluar.

Sedangkan lipstik Hare yang palsu warna merah muda lembutnya langsung muncul pada saat olesan pertama. Untuk yang palsu, saya hanya mengoleskannya di tangan ya, tidak berani mencoba mengoleskan di bibir. Silakan lihat gambar di bawah ini.

Aroma

Lipstik Hare yang asli memiliki aroma alami. Saya tidak bisa mendeskripsikan aromanya. Tetapi, aroma lipstik ini mengingatkan saya pada aroma kebanyakan merk lipstik yang dibeli oleh ibu saya saat saya masih kecil (tahun 80-an). Bahkan menurut ibu saya, aroma lipstik seperti ini identik dengan aroma khas lipstik-lipstik yang ada pada masa beliau remaja.

Sedangkan lipstik Hare palsu aromanya lebih mirip seperti bau plastik yang meleleh terkena panas, walaupun kadangkala tercium juga bau mirip-mirip permen karet. Tetapi yang lebih dominan adalah bau seperti plastik yang sedang meleleh terkena panas.

Efek di bibir

Lipstik Hare asli ini efeknya cukup melembabkan bibir kering yang pecah-pecah dan melembutkan tekstur bibir. Pendapat saya mirip dengan memakai lipgloss biasa, tetapi terasa lebih ringan di bibir. Selain itu lipstik ini juga tidak membuat bibir menghitam. Di bibir saya, warnanya cukup tahan lama, tidak hilang walaupun sudah dipakai untuk makan dan minum serta tidak menempel di bibir gelas, sendok, serbet, maupun tisu.

Sedangkan untuk lipstik Hare yang palsu, saya tidak mengetahui efeknya karena saya tidak berani mencoba mengoleskannya di bibir. Tetapi, menurut beberapa orang yang memakai lipstik Hare dengan ciri-ciri yang mendekati lipstik versi palsunya, efeknya membuat bibir menjadi lebih kering, juga lama kelamaan membuat warna asli bibir menjadi pucat menghitam. Bahkan, ada yang mengatakan ketika dioleskan akan membuat bibir terasa panas. Juga ada yang mengatakan kalau bibirnya menjadi gatal-gatal setelah memakainya. Wallahu a’lam. Karena saya tidak berani mencoba memakai yang palsu. Saya membeli lipstik Hare versi palsu made in China ini hanya untuk keperluan menulis review mengenai perbandingan produk asli vs. palsu ini.

Semoga bermanfaat.

NB: Paragraf ini merupakan tambahan dari artikel di atas, yaitu mengenai masalah harga berkaitan dengan beberapa e-mail masuk yang menanyakan kepada saya, berapa sebenarnya harga Lipstik Hare asli di pasaran. Berdasarkan apa yang saya ketahui, harga Lipstik Hare yang asli dengan yang palsu sama saja, tidak ada bedanya. Bahkan kadangkala ada toko yang menjual lipstik palsu dengan harga lebih mahal dari harga lipstik yang asli. Harga Lipstik Hare asli di Arab Saudi, Tunisia, atau Maroko kalau dirupiahkan berkisar antara Rp. 3,000 – 4,000. Sedangkan di Indonesia, lipstik ini tersedia di toko-toko oleh-oleh haji dan umroh dengan harga berkisar antara Rp. 3,000 – 5,000. Untuk harga di atas Rp. 7,000 atau bahkan di atas Rp. 10,000 saya rasa itu terlalu berlebihan. Sekedar informasi, saya pernah mendapati lipstik versi palsunya ada yang dijual dengan harga Rp. 7,500. Sebaliknya, saya pernah mendapati toko yang menjual lipstik yang asli dengan harga Rp. 3,000. Pendapat saya pribadi, mungkin karena pada dasarnya harga lipstik aslinya sudah demikian murah meriah sehingga banyak yang memalsukannya kemudian menjualnya dengan harga yang kadangkala justru jauh lebih mahal daripada harga lipstik aslinya. (Ditambahkan pada 30 Maret 2017)


Baca Juga:

Review Redwin Sorbolene Moisturiser

Hits: 85181

4 comments on “Membedakan Lipstik Hare Asli vs. PalsuAdd yours →

    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya 🙂 Iya benar itu, kemasannya memang tidak meyakinkan, dari plastik ringkih begitu… sama harganya yg begitu murah meriah itu juga sepertinya membuat banyak kontroversi mengenai kualitas lipstik ini. Makasih bnyk ya sudah mampir di blog ini 🙂

Leave a Reply