Membaca Karakter Melalui Warna Favorit

Membaca Karakter Melalui Warna Favorit I

Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis sebuah artikel ringan, yaitu membaca karakter melalui warna favorit. Warna selain dapat mengubah suasana hati dan suasana ruang, ternyata juga terkait dengan kepribadian. Seseorang dengan kepribadian tertentu biasanya memiliki kecenderungan terhadap warna tertentu yang berbeda dengan orang yang berlainan tipe kepribadian.

Warna Putih

Penggemar warna putih adalah biasanya adalah orang dengan karakter terbuka dan tidak suka menyembunyikan sesuatu. Kalau ada apa-apa selalu dibicarakan, tidak pernah dipendam sendiri. Dia juga orang yang suka berterus terang dan sikapnya tidak dibuat-buat, sangat apa adanya. Selain itu dia juga pribadi yang sederhana dan tidak macam-macam. Yang tidak kalah menariknya, basanya penggemar warna ini memiliki daya tarik yang kuat disebabkan kharismanya yang bersih dan anggun.

Namun kadangkala, penggemar warna putih ini  mudah terpengaruh oleh situasi dan keadaan yang ada di sekelilingnya. Sehingga dia sering terkesan sebagai orang yang plin-plan (tidak punya pendirian tetap). Sifatnya juga seringkali mudah berubah-ubah. Hari ini mengatakan A besok B, lusanya bisa kembali mengatakan A atau justru berubah lagi menjadi C. Sifat inilah yang membuatnya sering bersikap sekehendak hatinya. Dia tidak mau didikte atau diatur oleh orang lain, kecuali dia sendiri yang menginginkannya.

Sehingga apabila Anda berinteraksi dengan si penggemar warna putih ini, usahakan untuk tidak mengatur atau mendiktenya, sebab hal itu dapat menjadi pemicu pertengkaran. Daripada mendiktenya, akan lebih baik apabila Anda memberi masukan atau saran yang tidak bersifat menggurui. Sebab apabila bagi dia saran atau masukan Anda dapat diterima, maka dia dengan sukarela akan mengubah keputusannya. Ingat, seperti yang telah disebutkan di atas, penggemar warna putih basanya relatif mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi di sekelilingnya, termasuk salah satunya saran atau masukan logis yang dapat diterima oleh akal sehatnya, serta yang dia anggap lebih baik dari pemikirannya.

Penggemar warna putih biasanya merupakan tipe pribadi yang sulit untuk jatuh hati. Tetapi ketika sudah benar-benar jatuh hati, dia akan memberikan seluruh hati dan kesetiaannya kepada pasangannya. Akan tetapi penggemar warna ini kadangkala kesulitan untuk mengekspresikan rasa sayangnya, sehingga cenderung terlihat kurang romantis. Walaupun demikian, sikap tulusnya kepada Anda jelas sudah sangat memadai untuk menggantikan sikapnya yang kurang romantis.

Warna Kuning

Penggemar warna kuning biasanya adalah orang dengan karakter riang gembira, aktif (tidak bisa diam), dan selalu optimis dalam menghadapi kehidupan ini. Meskipun demikian dia juga seorang yang rendah hati, berjiwa penolong, dan selalu bersikap ramah tamah kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan latar belakang orang lain. Prinsipnya adalah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sehingga dia mudah beradaptasi dalam berbagai lingkungan pergaulan sekalipun lingkungan itu asing baginya. Penggemar warna kuning biasanya memiliki sikap sopan dan selalu menghargai orang lain serta memegang teguh etika pergaulan. Dia juga sangat menikmati kehidupan, suka hidup bersenang-senang, dan memanjakan diri sendiri.

Namun adakalanya penggemar warna kuning memiliki watak sulit untuk melupakan kesalahan dan sikap orang lain yang menyakitkan hatinya. Dia biasanya kurang mampu mengendalikan rasa sakit hatinya, sehingga seringkali bersifat pendendam.

Penggemar warna ini biasanya sulit untuk jatuh hati. Dia memerlukan waktu untuk merasakan apakah seseorang itu sesuai dengan hatinya. Ketika dia sudah menemukan sosok yang dicarinya, cintanya akan dapat bertahan, dan sikapnya menjadi sangat romantis serta setia.

  Warna Merah Muda (Pink)

Penggemar warna pink karakternya mudah ditebak. Dia romantis. Selain itu biasanya penggemar warna ini juga lemah lembut dan sangat sensitif. Orangnya cenderung sering bersikap sentimental dan melankolis. Kegemarannya adalah berdiam sendirian di tempat favoritnya, bisa di kamar tidur, kamar mandi, pantai, atau di gunung yang sejuk, sambil membaca buku favoritnya, menulis catatan harian dengan bahasa-bahasa puitis, melukis, menyalurkan hobinya, atau hanya sekedar melamunkan hal-hal yang menurutnya indah. Seringkali topik lamunan favoritnya berkaitan dengan urusan asmara yang romantis-romantis.

Pria penggemar warna pink sangat suka membayangkan kisah cinta romantis berkaitan dengan wanita feminin yang lembut dan penuh cinta kepadanya. Sedangkan wanitanya, senang mengkhayalkan kisah cinta romantis dengan pria yang tampan dan penuh perlindungan kepadanya. Dongeng-dongeng kisah cinta klasik, semacam Cinderella serta pangeran-pangeran yang gagah dan tampan dari negeri dongeng, atau kisah sang ksatria penyelamat yang tampan juga menjadi bahan lamunan favorit wanita penggemar warna pink.

Sehingga kalau Anda berpasangan dengan si penggemar warna pink ini, Anda sebaiknya mampu bersikap romantis kepadanya. Yang penting lagi, sering-seringlah memujinya, karena dia sangat senang dipuji. Hubungan berpasangan yang ideal baginya adalah hubungan yang romantis, penuh cinta, dan kasih sayang, serta selalu diperlakukan istimewa oleh pasangannya. Dia juga senang dimanja.

Warna Merah

Penggemar warna merah menyukai segala hal yang berhubungan dengan kepopuleran, sehingga dia sangat menikmati ketika dirinya menjadi pusat perhatian dan cenderung senang mencari perhatian. Apalagi kalau obsesi besarnya untuk menjadi orang terkenal tercapai, gairah hidupnya bisa semakin menyala-nyala. Dia juga seorang ambisius yang memiliki kepercayaan diri sangat tinggi untuk mewujudkan segala ambisinya yang kadang sangat muluk-muluk.

Selain itu dia menikmati hidupnya dengan penuh semangat sehingga sifatnya selalu ceria dan cenderung selalu ingin bersenang-senang. Sedangkan yang paling mudah untuk ditebak adalah dia seorang yang berpembawaan terbuka dan terus terang kepada siapa saja. Sehingga Anda jangan heran, kalau dia dapat dengan mudah bercerita tentang dirinya kepada siapa saja, bahkan juga kepada orang yang baru saja dikenalnya.

Sesuai dengan karakter warna merah yang menyala-nyala. Si penggemar warna merah cenderung emosional, mudah meledak-ledak amarahnya, tetapi cepat pula padamnya. Bisa jadi, detik ini Anda berbincang-bincang santai dengannya, tetapi begitu ada pembicaraan yang menyulut emosinya, seketika itu juga kemarahannya bisa langsung meledak. Tetapi beberapa menit kemudian bisa langsung padam begitu Anda minta maaf, atau mengklarifikasi ucapan Anda, atau mengganti pembicaraan ke topik lain yang dia sukai.

Temperamen tingginya itu seringkali juga terbawa ke dalam kehidupan asmaranya. Ketika dia sedang mabuk kepayang, dia akan menjadi orang yang sangat agresif terutama dalam mendapatkan seseorang yang diidamkannya. Berkali-kali ditolak pun, dia tidak akan patah semangat. Akan tetapi karena karakter si merah ini cepat meledak dan cepat mereda, begitu dia berhasil mendapatkan seseorang yang diidamkannya itu, maka rasa mabuk kepayangnya yang meledak-ledak itu juga akan cepat mereda. Sehingga yang terjadi kemudian adalah ketika dia sudah berhasil memenangkan hati pasangannya, sikapnya menjadi tidak sehebat sewaktu masih mengejar calon pasangannya. Dia ingin pasangannya yang ganti bersikap memuja atau memanjakannya.

Kadangkala penggemar warna ini adalah tipe pembosan, sesuai karakter warna merah yang cepat meledak-ledak dan cepat padam. Dia juga jarang patah hati, karena karakter cintanya hanya sesaat saja dan tidak mendalam. Mungkin ketertarikan hatinya hanya sekedar berada di tahap terpesona, terkagum-kagum di awal-awal saja.

Warna Coklat

Penggemar warna coklat adalah orang yang berkepribadian matang dan dewasa. Ini tercermin dari keahliannya mengendalikan emosi. Orangnya tenang dan sederhana. Selain itu dia seorang yang berpikir panjang terlebih dahulu sebelum bertindak atau memutuskan masalah. Dia lebih suka bertukar pikiran dalam menyelesaikan permasalahan. Orangnya juga berpikiran terbuka dan mudah menerima saran serta masukan. Baginya, dua kepala lebih baik daripada satu kepala. Sehingga kadang, terkesan sangat berhati-hati dalam bertindak.

Dia seorang yang toleran dan tidak egois, bahkan seringkali lebih mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Apalagi kepada orang-orang terdekat, perhatiannya tinggi sekali. Kehidupan asmaranya juga tidak macam-macam karena dia orang yang sangat setia dan selalu memperhatikan pasangannya. Sehingga ketika berada di sampingnya, Anda akan merasa aman dan damai. Tidak hanya Anda, tetapi orang-orang yang berdekatan dengannya juga dapat merasakan aura ketenangan dan kedamaian yang dipancarkan oleh si penggemar warna coklat ini.

Akan tetapi, kadangkala penggemar warna ini tidak mudah melupakan rasa sakit hati. Sehingga jangan sekali-kali Anda menyakiti hatinya atau membuatnya kecewa, karena dia akan sangat sulit memaafkan Anda. Walaupun demikian dia bukanlah seorang pendendam meskipun hatinya disakiti.

Warna Biru

Berbeda dengan si merah, penggemar warna biru memiliki karakter low profile (rendah hati), tidak suka menonjolkan diri, dan tidak senang menjadi pusat perhatian. Baginya, kepopuleran jauh dari hasrat hatinya. Dia seorang yang memiliki jiwa seni cukup tinggi, sangat kreatif, dan memiliki segudang ide cemerlang di kepalanya. Oleh karena itulah dia sangat berbakat dalam tulis-menulis, bermusik, melukis, dan berbagai kegiatan seni lainnya. Tidak heran kalau seringkali dengan bakatnya itu dia dapat menjadi seorang penulis, pengarang lagu, penyanyi, pelukis, desainer, pemain musik, dan sejenisnya. Intinya, dia seorang seniman sejati.

Penggemar warna biru juga seorang yang mengutamakan ketenangan dan kebebasan, sehingga orangnya tidak mau terikat. Dia memang lembut dan tenang, tetapi pendiriannya keras dan tidak suka diatur. Selain itu, dia memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Dia tidak sampai hati melihat penderitaan orang lain, berhati lembut dan mulia, serta selalu mudah iba melihat orang yang sedang kesusahan. Oleh karena itulah, dia tipe seorang dermawan yang tulus ikhlas dan tidak mengharapkan pamrih, apalagi ketenaran dari kedermawanannya itu.  Baginya, dapat membantu orang lain dan membuat orang lain bahagia, juga akan menjadi kebahagiaannya.

Kehidupan asmara penggemar warna biru kadangkala agak rumit. Karena dia bukan tipe orang yang mudah jatuh hati. Cinta pada pandangan pertama hampir tidak ada di dalam kamusnya. Baginya, cinta akan datang ketika dia sudah mengenal caon pasangannya dengan baik. Setidaknya, untuk dapat memenangkan hatinya seringkali akan memerlukan waktu sedikit lebih lama. Itupun, tidak selalu mulus, karena ketika dia menemukan beberapa karakter calon pasangannya yang tidak sesuai dengannya, bisa jadi dia langsung kehilangan minat dan ketertarikannya kepada calon pasangannya.

Tetapi apabila calon pasangannya itu berhasil memenangkan hatinya, maka cinta dan kesetiaannya akan dipersembahkan sepenuhnya kepada pasangannya asalkan pasangannya itu tidak mengatur hidupnya. (Bersambung)


Referensi:

Birren, Faber. 2006. Color Psychology and Color Therapy: A Factual Study of the Influence of Color on Human Life. Kessinger Publishing, LLC.

Hartman, Taylor. 2007. The Color Code: A New Way To See Yourself, Your Relationships, And Life. Fireside Book. New York. US

Kargere, Audrey. 1979. Color and Personality. Red Wheel/Weiser, LCC. York Beach. US.

Hits: 387

0 comments on “Membaca Karakter Melalui Warna Favorit IAdd yours →

Leave a Reply