Planet Venus

Planet Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari setelah Planet Merkurius. Jarak planet ini dari Matahari adalah 108,2 juta kilometer. Sedangkan jarak antara Planet Venus dengan Planet Bumi adalah 41,4 juta kilometer. Perumpamaan jarak tempuhnya adalah apabila kita terbang dengan pesawat terbang biasa dari Bumi yang rata-rata kecepatannya sekitar 800 km/jam, maka kita akan sampai di permukaan Planet Venus setelah menempuh perjalanan antara 5 tahun 10 bulan hingga 7 tahun 9 bulan!

Planet Venus

Planet Venus pada siang hari bersuhu sekitar 500°C. Sedangkan suhu rata-ratanya adalah 464°C. Suhu ini lebih panas daripada Merkurius, sehingga membuat Venus menjadi planet bersuhu paling panas di antara planet-planet yang terdapat di dalam sistem tata surya kita.

Ukuran Planet Venus hampir sama dengan Bumi dengan diameter (garis tengah) sekitar 12.104 kilometer. Dalam Bahasa Arab planet ini dikenal dengan nama Zuhra. Sehingga kita sering menyebutnya dengan Bintang Zuhra.

Venus juga memiliki gaya gravitasi yang hampir sama dengan gaya gravitasi Bumi. gravitasi di Venus adalah 8,87 m/s² atau 0,887 kali gravitasi Bumi (Bumi = 10m/s²). Sehingga perbandingan bobot tubuh kita antara di Bumi dan di Venus tidak terlalu jauh berbeda. Misalnya apabila di Bumi kita berbobot 50 kg, maka di Venus bobot kita akan menjadi 44,35 kg.

Venus akan dapat dilihat dari bumi pada pagi dan petang. Pada pagi hari akan tampak di sebelah timur sebelum Shubuh (kira-kira jam 4 dinihari), sehingga dikenal juga sebagai Bintang Zaharah atau bintang pagi atau bintang fajar. Sedangkan pada sore hari akan tampak di sebelah barat setelah Matahari terbenam, sehingga dikenal juga sebagai Bintang Senja. Lama waktu penampakan Venus dari Bumi adalah sekitar 3 jam.

Venus memiliki atmoster sangat tebal, yang terdiri dari 97% CO2. Kandungan gas ini  menyebabkan efek rumah kaca sehingga membuat suhu di permukaan Venus sangat tinggi. Atmosfer Venus juga selalu terselimuti oleh awan putih yang tebal. Para peneliti antariksa menduga bahwa pada lapisan awan putih yang tebal inilah terdapat sejenis Termobakteri yang mampu hidup. Planet Venus sendiri tidak memiliki satelit alami.

planet-venus-2

Venus membutuhkan waktu selama 243 hari sekali rotasi, sehingga 1 (satu) hari di Venus lamanya adalah 243 hari ukuran waktu Bumi. Sedangkan untuk sekali mengelilingi Matahari dengan arah rotasi yang berlawanan dari planet-planet lainnya, Venus membutuhkan waktu 225 hari. Sehingga 1 (satu) tahun di Venus lamanya sama dengan 225 hari ukuran waktu Bumi. Sehingga menurut ukuran waktu Bumi, sehari di Venus akan dirasakan jauh lebih lama dari pada satu tahunnya.


Referensi:

Kauffmann, William J.; Neil F. Comins. 2009. Discovering the Universe: from the Stars to the Planets. W.H. Freeman and Company. New York. 534 p.

https://www.nasa.gov

Hits: 719

0 comments on “Planet VenusAdd yours →

Leave a Reply