Golongan Orang Berilmu dalam Islam

Allah SWT berfirman mengenai golongan orang berilmu: “Allah mengangkat orang-orang yang beriman dari golonganmu semua dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Q.S Mujadalah : 11)

Katakanlah : “Adakah sama orang-orang yang berilmu pengetahuan dan orang-orang yang tidak berilmu pengetahuan”. (Q.S Zumar : 9)

Bahwasanya yang takut kepada Allah dari golongan hamba-hamba-Nya itu adalah orang-orang yang berilmu pengetahuan.” (Q.S Al-Fathir : 28)

Rasulullah SAW bersabda: “Keutamaan seorang alim di atas seorang ‘abid (orang yang beribadat) sebagaimana keutamaanku di atas serendah-rendah orang dari golongan sahabat-sahabatku.” (Hadist diriwayatkan oleh Tirmidzi)

Ilmu pengetahuan menempati peringkat yang sangat tinggi dalam Islam. Nilai ilmu pengetahuan sedemikian luhurnya sehingga golongan orang berilmu diumpamakan memiliki derajat hampir serupa dengan kenabian.

Namun ilmu yang bagaimanakah yang dapat menyampaikan seseorang pada derajat yang mulia di hadapan Allah SWT, seperti derajat para Nabiyullah itu? Sebab tidak setiap ilmu menempati peringkat sangat tinggi dalam Islam dan tidak setiap golongan orang berilmu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang akan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Illmu yang Dapat Mengangkat Derajat Seorang Hamba di Sisi Allah SWT

Ilmu yang dimaksud dalam firman Allah SWT dan hadist NAbi SAW seperti ditulis di awal artikel ini adalah segala macam ilmu pengetahuan yang dapat membuat kita bertauhid kepada Allah dengan tauhid yang sebenarnya. Juga ilmu pengetahuan yang dapat membuat kita mengetahui bagaimanakah cara-cara beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan benar. Ilmu yang dapat membuat kita mengetahui segala larangan dan kewajiban kita kepada Allah SWT. Ilmu yang dapat memperbaiki kualitas ruhani dan memperbaiki akhlak agar kita dapat menjadi hamba Allah SWT yang sebenarnya.

Di samping itu juga ilmu keduniaan yang bermanfaat dan bermashlahat bagi kehidupan sesama makhluk hidup dan tidak merugikan orang lain. Misalnya, ilmu kesehatan, kedokteran, matematika, dll yang dimanfaatkan secara benar sesuai dengan Hukum Allah SWT di dunia ini (yaitu, Al-Qur’an dan Hadits), serta segala macam ilmu lainnya, baik ilmu yang berhubungan dengan keduniaan atau keakhiratan yang dapat membuat kita menyadari keagungan Allah SWT, mengingatkan kita kepada Allah SWT, dan meningkatkan kesadaran iman dan tauhid kepada Allah SWT dalam diri kita.

Ilmu yang Sia-sia

Segala macam ilmu apapun, baik itu ilmu agama atau ilmu dunia, yang tidak membuat hati kita menghadap kepada Allah SWT merupakan sebuah ilmu yang sia-sia belaka, tidak bermanfaat, dan tidak akan mampu menyampaikan orang itu ke dalam golongan orang berilmu seperti yang disebutkan dalam ayat-ayat di atas.

Walaupun kita mempelajari ilmu yang berkaitan dengan Islam, jika hati kita tidak bertambah takut kepada Allah dan kualitas iman kita juga tidak meningkat, maka ilmu yang demikian hanya utama lahirnya saja, namun tidak dapat mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT karena ilmu itu tidak bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan kehambaan kita dengan Allah SWT.

Adab Mempelajari Ilmu Agar Bermanfaat

Sebaliknya, walaupun kita mempelajari ilmu yang secara kasat mata tidak berkaitan dengan agama atau keakhiratan, misalnya, ilmu matematika, Fisika, Biologi, teknologi, dll, namun jika dalam proses mempelajari ilmu tersebut, kita menjadi ingat dengan kebesaran Allah, rasa takut kita semakin bertambah kepada Allah, dan membuat kesadaran iman kita semakin tinggi, maka ilmu yang demikian inilah yang akan bermanfaat bagi hubungan kita dengan Allah serta akan mampu mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT.

Sehingga pada dasarnya, apapun ilmu yang kita pelajari, asalkan dalam niat awalnya, prosesnya, dan tujuannya semata-mata adalah Allah, maka Insya Allah, ilmu itu akan menjadi ilmu yang berguna baik dalam kehidupan kita di dunia ini dan bagi kehidupan kita di akhirat nanti, serta akan mampu mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT. Sehingga kita dapat termasuk ke dalam golongan orang berilmu seperti yang disebutkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya: “Allah mengangkat orang-orang yang beriman dari golonganmu semua dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Q.S Mujadalah : 11)

Wallahu A’lam.

Hits: 5272

0 comments on “Golongan Orang Berilmu dalam IslamAdd yours →

Leave a Reply