Mengenal Profesi Penulis Skenario (Screenwriter/ Scriptwriter)

Profesi penulis skenario (Screenwriter/ Scriptwriter) merupakan salah satu profesi di dunia kreatif. Seorang penulis skenario bertugas untuk menulis jalan cerita, dialog, plot, menulis deskripsi secara visual, dan menciptakan karakter tokoh dalam naskah drama, monolog, film, iklan, sandiwara radio, ataupun sinetron. Peran penulis skenario ini sangat penting dalam setiap pembuatan film, drama, sinetron, iklan, sandiwara radio, maupun monolog karena skenario adalah nyawa atau jiwa dari setiap film, drama, sinetron, iklan, maupun monolog. Tanpa cerita (skenario) yang baik, maka cerita yang disajikan juga akan hambar bahkan tidak bermutu.

Pada dasarnya, secara teori ada empat hal yang harus diperhatikan dalam penulisan skenario, yaitu :

  • Anda harus dapat menciptakan jalan cerita dan karakter tokoh yang bermutu, logis, dan dapat dipercaya.
  • Membuat ringkasan (sinopsis) cerita. Pada tahap ini Anda dapat langsung menawarkan ide cerita yang telah dibuat sinopsisnya kepada produser atau PH (rumah produksi) apabila Anda menulis lepas (tanpa pesanan dari PH atau produser). Atau dapat juga Anda selesaikan dahulu yaitu membuat sinopsis, profil (karakter tokoh), dan skenario utuh kemudian baru Anda tawarkan.
  • Ide dalam penulisan skenario dapat berasal dari berbagai sumber yaitu masukan dari PH atau produser (bila Anda menulis berdasarkan pesanan), mengadaptasi kisah nyata, mengadaptasi dari karya novel atau buku, atau dari kisah film yang sudah ada sebelumnya (misalnya : naskah sekuel, film reproduksi, dll).
  • Anda harus memiliki 3 keahlian utama, yaitu menulis, daya imajinasi, dan kretivitas yang tinggi.

Untuk dapat menjadi seorang penulis skenario, adakalanya seseorang berlatar belakang pendidikan penulisan skenario (scriptwriting/screenwriting), adakalanya hanya berbekal pada kemampuan otodidak atau bakat. Akan tetapi, apakah itu berdasarkan latar belakang pendidikan atau berdasarkan bakat alami, seorang penulis skenario akan mampu menghasilkan sebuah karya yang berkualitas apabila ia melakukan pendalaman (riset) terlebih dahulu mengenai karya (skenario) yang akan ditulis, ditambah dengan imajinasi yang sangat baik dan ketekunan yang tinggi.

Apabila Anda berminat untuk menekuni karir sebagai seorang penulis skenario melalui pendidikan formal, maka Anda dapat mengambil jurusan atau kursus singkat mengenai penulisan kreatif (creative writing). Namun, adakalanya Anda juga memerlukan dasar-dasar pengetahuan mengenai akting dan jurnalistik. Sedangkan apabila Anda sudah menjadi seorang penulis skenario berpengalaman namun belum memiliki latar belakang pendidikan formal di bidang penulisan skenario, tidak ada salahnya apabila Anda mengambil pendidikan di bidang Screenwriting agar kualitas karya Anda dapat terus meningkat di samping juga untuk mengembangkan karir Anda.

Penulis Skenario di Indonesia

Apabila Anda berminat menjadi seorang penulis skenario atau Anda masih pemula, Anda bisa mencobanya dengan menulis cerita lepas (satu kali tayang) dan cerita pendek (durasi waktu tayang yang singkat misalnya 30 menit atau 1 jam). Mengapa demikian? Sebab biasanya pihak rumah produksi (production house) hanya menerima penulis skenario berpengalaman dengan track record yang baik untuk menggarap cerita bersambung (misalnya cerita sinetron yang bisa bersambung hingga puluhan atau bahkan ratusan episode).

Apalagi untuk kategori sinetron kejar tayang. Kadangkala pihak rumah produksi hanya memberikan waktu 2 hari, 12 jam, atau bahkan hanya 10 jam untuk menyelesaikan 1 episode naskah skenario berdurasi 1 jam. Dengan demikian, tentunya penulis skenario yang telah berpengalaman lah yang akan lebih mampu menyelesaikan naskahnya dengan waktu sesingkat itu dibandingkan dengan penulis skenario pemula yang kadang masih memerlukan waktu sampai satu minggu hanya untuk menyelesaikan satu naskah berdurasi 1 jam.

Kemudian kirimkanlah cerita yang sudah Anda buat itu ke rumah produksi yang Anda minati via pos atau diantar langsung. Jangan melalui e-mail apabila Anda masih tergolong penulis skenario pemula. Untuk teknik dan sistematika penulisan skenario yang baik dan benar, silakan Anda baca di buku-buku petunjuk penulisan skenario.

Posisi karir sebagai seorang penulis skenario ini masih terbuka sangat lebar di Indonesia karena kebutuhan akan penulis skenario terus meningkat seiring dengan semakin menjamurnya stasiun-stasiun televisi, radio, dan industri hiburan. Jadi, jangan pernah takut untuk mulai mewujudkan cita-cita Anda menjadi seorang penulis skenario. Tidak pernah ada kata terlambat untuk profesi ini, karena tidak pernah ada batasan usia untuk seorang penulis skenario. Yang membatasi eksistensi karir Anda di bidang ini hanyalah, apakah hasil karya Anda berkualitas sekaligus memiliki nilai komersial atau tidak. Itu saja!

Bidang karir ini juga layak Anda pertimbangkan karena mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit. Asal Anda tahu, bahwa penghasilan seorang penulis skenario pemula minimal adalah 500 ribu – 1,5 juta rupiah untuk 1 episode cerita berdurasi sekitar 1 jam. Sehingga apabila cerita Anda lebih panjang lagi, tentunya penghasilan Anda akan semakin tinggi pula.

Sedangkan untuk penulis skenario dengan pengalaman menulis skenario di bawah 10 judul, penghasilannya antara 1,5 – 3 juta rupiah per episode cerita berdurasi 1 jam. Sehingga apabila ia dikontrak untuk 30 episode, maka penghasilannya adalah sekitar 45 – 90 juta rupiah. Apalagi jika hasil karyanya telah mendapatkan rating yang bagus, artinya ditonton oleh banyak orang,  maka penghasilan per episodenya juga akan lebih tinggi lagi.

Sinetron-sinetron yang ditayangkan di televisi Indonesia sekarang ini juga bukanlah jenis sinetron yang tayang mingguan, melainkan ditayangkan setiap hari. Ini artinya, dalam satu bulan ada 30 episode yang bisa dikerjakan. Ditambah lagi sinetron-sinetron yang ada sekarang ini jumlah episodenya bisa mencapai ratusan episode.

Penulis Skenario di Amerika Serikat

Profesi penulis skenario (scriptwriter) film (bioskop atau televisi) di Amerika Serikat disebut dengan Screenwriter. Seorang screenwriter bertanggung jawab menulis naskah cerita secara detail baik itu untuk tayangan TV shows, naskah film, atau kadangkala untuk menciptakan cerita pada permainan komputer (computer games). Seperti halnya lingkup pekerjaan penulis skenario di Indonesia, seorang penulis skenario di Amerika juga dihadapkan pada lingkup pekerjaan yang sejenis yaitu harus dapat menciptakan jalan cerita dan karakter tokoh yang logis dan dapat dipercaya (walaupun pada prakteknya seringkali tidak demikian).

Seorang penulis skenario di Amerika dapat memiliki penghasilan sekitar USD 200,000 (sekitar Rp. 2.7 milyar) sampai yang tertinggi adalah jutaan dollar, untuk satu judul naskah film berdurasi sekitar 2 – 3 jam, baik film itu nantinya diproduksi atau tidak. Berkaitan dengan ini, ada istilah dalam pembayaran honor penulis skenario yang disebut dengan against (nilai naskah pada saat belum diproduksi dengan nilai naskah apabila diproduksi). Contoh: USD 200,000 against USD 500,000. Maksudnya, apabila satu naskah skenario film Anda dihargai sekitar USD 200,000 (sekitar Rp. 2.7 milyar) pada saat belum diproduksi, maka penghasilan Anda adalah senilai itu. Kemudian apabila naskah Anda diproduksi, maka Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan sebesar USD 300,000 (hampir Rp. 4 milyar). Sehingga dikatakan sebagai USD 200,000 against USD 500,000. Di industri perfilman Hollywood, honor penulis skenario film tertinggi sampai saat ini dipegang oleh Terri Rosio dan Bill Marsilii yang mendapatkan bayaran sebesar USD 5 juta (lebih dari Rp. 65 milyar) untuk naskah film Deja Vu yang ditulisnya. Film yang dirilis pada tahun 2006 ini dibintangi oleh Denzel Washington dan Val Kilmer.

Apabila Anda berminat untuk menekuni karir sebagai seorang screenwriter di Amerika Serikat, maka ada beberapa prosedur yang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan di Indonesia. Karena yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mencari agen. Di Amerika, Anda tidak bisa langsung menawarkan naskah Anda kepada pihak produser atau rumah produksi. Penawaran naskah harus melalui agen. Sehingga apabila Anda ingin menekuni karir sebagai seorang screenwriter di Amerika Serikat, maka Anda harus memiliki agen.


Baca Juga:

Contoh Format Penulisan Skenario

Hits: 17409

0 comments on “Mengenal Profesi Penulis Skenario (Screenwriter/ Scriptwriter)Add yours →

Leave a Reply