Planet Merkurius

Planet Merkurius adalah planet yang paling dekat jaraknya dengan Matahari, yaitu 57,91 juta kilometer, sehingga suhunya sangat panas. Permukaan Planet Merkurius bersuhu antara 90°K – 700°K  atau sekitar -180°C (suhu paling dingin) sampai 430°C (suhu paling panas). Sebagai perbandingan adalah suhu air di bumi jika membeku hanya 0°C dan air yang biasa kita masak jika mendidih hanya 100°C. Sehingga suhu di Merkurius apabila siang hari sangat panas, sebaliknya apabila malam sangat dingin. Jika kita hidup di Merkurius, maka pada siang hari kita akan terbakar habis, dan pada malam hari kita akan membeku, jauh lebih membeku daripada es.

Jarak antara Planet Merkurius dengan Planet Bumi adalah 91,69 juta kilometer. Sehingga apabila kita menempuh perjalanan dengan pesawat terbang biasa yang kecepatannya 600 – 800 km/jam dari Bumi, maka untuk sampai di Merkurius kita akan memerlukan waktu selama 13 tahun hingga 17 tahun 5 bulan!

Merkurius juga merupakan planet terkecil di antara delapan planet yang terdapat di dalam tata surya kita dengan garis tengah (diameter) hanya 4.879 kilometer.  Merkurius dalam Bahasa Arab dikenal dengan sebutan Utaared.

Merkurius memiliki gaya gravitasi yang relatif kecil yaitu 3,7 m/s² atau hanya 0,37 saja dari gravitasi Bumi yang mencapai 10 m/s². Sehingga apabila di Bumi kita memiliki bobot tubuh 50 kg, maka bobot kita hanya akan menjadi 18,5 kg saja apabila kita berada di Merkurius. Bahkan apabila di Bumi tubuh kita berbobot 100 kg, maka di Merkurius bobot kita hanyalah seberat 37 kg saja!

Merkurius tersusun atas batuan, 70% logam, dan 30% silikat. Planet ini adalah planet yang paling banyak mengandung logam Besi dibandingkan dengan planet-planet lain dalam sistem tata surya kita. Selain itu pada permukaan Merkurius banyak ditemukan kawah.

Merkurius akan dapat dilihat dari bumi pada waktu Subuh (menjelang Matahari terbit), jika saat itu Merkurius berada di sebelah barat Matahari (berelongasi barat). Sehingga disebut sebagai Bintang Pagi Semu. Merkurius akan terlihat paling lama selama 1 jam 20 menit.

planet-merkurius-2

Jika saat itu Merkurius sedang berada di sebelah timur Matahari (berelongasi timur), maka ia akan tampak dari bumi paling lama sekitar 1 jam 20 menit pada waktu Maghrib (setelah Matahari terbenam). Sehingga disebut dengan Bintang Malam.

Merkurius tidak memiliki satelit alami. Planet ini membutuhkan waktu 88 hari untuk sekali berputar pada sumbunya (kala rotasi), sehingga lamanya 1 hari di Merkurius sama dengan 88 hari ukuran waktu Bumi. Sedangkan untuk sekali mengelilingi Matahari (kala revolusi), planet ini membutuhkan waktu 88 hari, sehingga 1 (satu) tahun di Merkurius lamanya adalah 88 hari ukuran waktu Bumi pula. Pembahasan mengenai kala rotasi dan kala revolusi yang lebih lanjut dapat dilihat pada artikel Kala Rotasi dan Revolusi: Pembeda Ukuran Waktu.


Referensi:

Kauffmann, William J.; Neil F. Comins. 2009. Discovering the Universe: from the Stars to the Planets. W.H. Freeman and Company. New York. 534 p.

https://www.nasa.gov

Hits: 455

0 comments on “Planet MerkuriusAdd yours →

Leave a Reply